Santo Petrus Damianus, Uskup dan Pujangga Gereja

Santo Petrus Damianus, Uskup dan Pujangga Gereja

Santo Petrus Damianus, Uskup dan Pujangga Gereja

Perayaan : 21 Februari
Lahir : Tahun 1007
Kota asal : Ravenna, Italy
Wafat : 22 Februari 1072 di Ravenna, Italy. Oleh sebab alamiah makamnya dipindahkan beberapa kali dan sejak tahun 1898 berada di Chapel of Saint Peter Damian The Cathedral of Faenza, Italy.
Kanonisasi : Tahun 1823 oleh Paus Leo XII

Petrus Damianus dilahirkan pada tahun 1007 dan menjadi Yatim Piatu sejak masih kanak-kanak. Ia diasuh oleh seorang kakaknya yang berwatak buruk. Kakaknya suka menganiaya dia serta membiarkannya kelaparan. Seorang kakaknya yang lain, Damianus yang adalah seorang pastor di Ravenna, mengetahui keadaanya yang sebenarnya. Ia membawa Petrus pulang kerumahnya.

Sejak saat itulah hidup Petrus berubah sepenuhnya. Ia diperlakukan dengan penuh cinta, kasih sayang serta perhatian. Begitu bersyukurnya Petrus hingga kelak ketika Ia menjadi seorang religius, Ia memilih nama Damianus sebagai ungkapan kasih sayang kepada kakaknya.

Damianus mendidik Petrus serta memberinya semangat dalam belajar. Petrus kemudian mengajar di perguruan tinggi ketika usianya baru duapuluh tahunan. Ia menjadi seorang guru yang hebat. Tetapi Tuhan membimbingnya ke jalan yang tidak pernah dipikirkan olehnya.

Petrus hidup pada masa di mana banyak orang dalam Gereja terlalu dipengaruhi oleh tujuan-tujuan duniawi. Petrus sadar bahwa Gereja adalah ilahi dan Gereja memiliki rahmat dari Yesus Kristus untuk menyelamatkan semua orang. Ia ingin agar gereja bersinar dengan kemuliaan Kristus.