Air, Elemen yang Tak Terpisahkan

Air, Elemen yang Tak Terpisahkan

Air, Elemen yang Tak Terpisahkan
(Yoh 4:5-42)

Air adalah salah satu unsur semesta yang penting dan menjadi kebutuhan pokok manusia. Air menjadi simbol hidup. Ia menjadi simbol kebeningan dan kebersihan. Ia simbol kekuatan yang melepaskan dahaga. Masalah air menjadi bencana kemanusiaan yang hebat. Kekurangan air menjadi krisis ekonomi, sosial dan politik, bahkan budaya dan religius. Orang Israel dalam perjalanan menuju tanah terjanji mengalami kekurangan air. Hal itu menyebabkan pertengkaran diantara mereka dan Musa pun terpojok. Tuhan menolong mereka, sehingga dahaga mereka terpuaskan.

Dalam bacaan Injil, wanita yang menimba air di sumur Yakub berjumpa dengan Yesus dan Ia mengalami pembaruan pandangan tentang arai, yaitu dari air yang menghidupkan badan dan diri-Nya sebagai mata air kehidupan kekal. Ia sumber kehidupan yang melimpah. Air menjadi simbol spiritual yang penting bagi semua agama, terutama agama Kristen. Air baptis adalah simbol peralihan hidup kita dari yang lama menuju yang baru.

Kristus adalah sumber dan danau kehidupan yang siap melepaskan dahaga kita, membersihkan kita, mentransformasi menumbuhkan kembali hidup kita. Air adalah simbol kasih karunia ilahi yang dialirkan Roh Kudus dalam hati yang dahaga supaya kita berbuah lebat.